Kodim 0308/Prm Tanam Sejuta Pohon Cemara Udang untuk mencegah mitigasi Bencana dan abrasi pantai

Teks foto:Kodim 0308/Pariaman bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Padang Pariaman beserta Polres Kab,Padang Pariaman melaksanakan penanaman Sejuta Pohon Cemara di sepanjang Pesisir Pantai Ketaping,Kanagarian Ketaping Kec.Batang Anai,Kab,Padang Pariaman, Sumatera Barat,Selasa (08/04/2019) 


Infomedan.net~ Pariaman~Guna mencegah mitigasi bencana dan abrasi pantai,Kodim 0308/Pariaman bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Padang Pariaman beserta Polres Kab,Padang Pariaman melaksanakan penanaman Sejuta Pohon Cemara di sepanjang Pesisir Pantai Ketaping,Kanagarian Ketaping Kec.Batang Anai,Kab,Padang Pariaman, Sumatera Barat,Selasa (08/04/2019)

Dalam Kegiatan ini sebelumnya diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Pasiter Kodim 0308/Pariaman Kapten Inf Syamsuarno yang dihadiri oleh unsur TNI Polri dan ASN Pemda  Kab,Padang Pariaman serta Seluruh Masyarakat Kanagarian Katapang.

Dalam kegiatan "Penanaman Sejuta Pohon" ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto S.Sos,Kalaksa BPBD Kab,Padang Pariaman Budi Muliya, Kapolres Kab, Padang Pariaman diwakili oleh Kapolsek Batang Anai beserta Jajarannya, Camat Batang Anai, Wali Nagari Kataping, Kasdim 0308/Pariaman, Para Danramil dim  0308/Pariaman Serta Tokoh Adat Kataping BPK Rangkayo Rajo Ssmpono.

Disela-sela kegiatan,Komandan Kodim 0308/Pariaman menyampaikan bahwa kegiatan "Penanaman Sejuta Pohon" Cemara Udang yang kita lakukan ini merupakan suatu upaya untuk mencegah Mitigasi terjadi nya bencana serta abrasi terhadap pantai. 

"Kita ketahui bahwa Kabupaten Padang Pariaman sebagian besar wilayahnya berada dipinggir pantai,yang setiap saat bencana abrasi pantai dan Tsunami sewaktu-waktu bisa terjadi,dengan cara penanaman pohon inilah paling tidak kita sudah berupaya untuk berbuat terbaik dengan lingkungan kita dan kita dapat untuk menahan apabila terjadinya bencana dan abrasi terhadap Pantai, "ungkap Letkol Arm Heri Pujiyanto S.Sos.


Dandim 0308/Pariaman mengajak dan menghimbau kepada masyarakat Kanagarian Kataping agar turut serta untuk menjaga dan merawat tanaman yang sudah ditanam ini. Penanaman Sejuta Pohon Cemara Udang ini akan dilakukan secara terus menerus dikerjakan disepanjang Pesisir Pantai di  wilayah Kabupaten Padang Pariaman.


"Jangan biarkan pohon yang sudah kita tanam ini mati begitu saja, rawatlah sebaik mungkin, kelak menjadi tabungan masa depan guna mencegah terjadinya abrasi, " ucap perwira yang sebelumnya menjabat Danyon Armed 2/105 Kilap Sumagan. 

Setelah Penanaman Pohon Cemara Udang ini saya minta bantuan juga dari masyarakat agar turut serta menjaga dan merawatnya agar tetap hidup.Salah satu cara dengan menyiramnya  agar tidak mati,supaya tidak menjadi sia-sia,. "Melalui penanaman sejuta pohon ini,kita (Kodim 0308/Prm) turut serta melestarikan lingkungan pesisir pantai, " tandas Dandim.

(Sumber :Kodim 0308/Pariaman & zani)