Kodam I/BB & Poldasu Turunkan 24.667 Personil Untuk amankan Pemilu 2019 di Sumut

Teks foto:Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Adrianto, saat bersama memimpin apel kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di Provinsi Sumut, bertempat di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Kamis (11/4/2019). 

Infomedan.net~ Sebanyak 24.667 personil gabungan TNI-Polri dinyatakan siap untuk mengamankan Pemilu 2019 di wilayah Sumatera Utara.

Jumlah personil Pam Pemilu 2019 Sumut ini terdiri dari 13.002 personil Polda Sumut, dengan 10.528 personil di antaranya untuk tugas pengaman TPS yang berjumlah 42.649, serta petugas back up sebanyak 1919 personil. Kemudian 11.675 personil TNI dari tiga matra di wilayah Sumut, yakni Kodam I/BB dengan 10.190 personil TNI AD, Lantamal I dengan 845 personil TNI AL, dan Kosekhanudnas III dengan 640 personil TNI AU.

Penegasan jumlah personil gabungan TNI-Polri untuk pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Sumut ini disampaikan Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Adrianto, saat bersama memimpin apel kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di Provinsi Sumut, bertempat di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Kamis (11/4/2019). Apel kesiapan ini turut dihadiri Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP bersama Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian.
Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menerangkan, personil Kodam I/BB dan TNI jajaran, akan memberikan bantuan pengamanan Pemilu 2019 secara maksimal kepada Polda Sumut dan pemerintahan di daerah.

Dijelaskannya, apel kesiapan ini sebagai wujud keseriusan TNI dalam membantu Polri maupun Pemerintah Daerah untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung aman, lancar dan tertib.

Terima kasih bapak Panglima TNI dan Kapolri yang telah hadir di tengah-tengah kami. Kehadiran bapak Panglima TNI dan Kapolri telah membangkitkan semangat prajurit TNI-Polri untuk lebih solid dan bersinergi melakukan tugas-tugas pengamanan,” ucap Pangdam I/BB.

Alumni Akmi 1988 ini menegaskan, Kodam I/BB bersama Danlantamal I, Laksma TNI Ali Triswanto, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul, serta Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, menyatakan siap untuk mengamankan Pemilu 2019 di wilayah Sumut.

Selain itu, seluruh personil TNI dari tiga matra juga menyatakan kebulatan tekad untuk tetap memegang teguh netralitas TNI dalam proses Pemilu Legislatif dam Pemilu Presiden/Wakil Presiden 2019.Kodam I/BB bersama jajaran TNI dan Polda Sumut telah melakukan sinergitas kemitraan dalam rangka memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa TNI-Polri siap mengamankan Pemilu 2019, sebelum, selama, dan sesudah kegiatan berlangsung.

“Jangan sekali-kali ada pihak yang mengganggu stabilitas keamanan dan stabilitas politik di wilayah ini selama proses Pemilu 2019 berlangsung. Yakinlah, netralitas TNI harga mati,” tegas Pangdam I/BB.

“Bagi prajurit TNI maupun Polri, tugas pengamanan Pemilu 2019 ini adalah sebuah kehormatan yang akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkas Mayjen Fadhilah.

Sementara, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Adrianto dalam arahannya menjelaskan, hingga minus 6 hari pencoblosan pada 17 April 2019, kondisi hukum di wilayah Sumut relatif aman dan terkendali.“Berdasarkan indeks kerawanan Pemilu 2019 yang dikeluarkan KPU dan Bawaslu, posisi Sumut berada di 28 dari 34 provinsi. Meski relatif aman, namun kita tidak bisa under estimate. Polda Sumut tetap melaksanakan pengamanan secara maksimal dan totalitas dengan menyiapkan 13.002 personil, dengan 10.528 personil di antaranya untuk tugas pengaman TPS yang berjumlah 42.649, serta petugas back up sebanyak 1919 personil,” paparnya.

Apel Kesiapan Pengaman Pemilu 2019 di Wilayah Sumut ini diikuti tidak kurang dari 2000 personil gabungan TNI-Polri. Apel yang mengangkat tema “Soliditas TNI-Polri Didukung Seluruh Komponen Masyarakat, Siap Menjaga NKRI Tetap Jaya”, dilaksanakan dengan komandan apel, Letkol Inf Lizardo Gumay (Danyonif Raider 100/PS).

Tampak hadir di acara, antara lain Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Ganip Warsito, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol M Iqbal, Wadanjen Kopassus, Brigjen TNI M Hasan, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Wakil Gubsu, Drs Musa Rajekshah, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan para pejabat utama TNI-Polri di wilayah Sumut, serta tamu undangan lainnya

(Sumber :Pendam I/BB & zani Ginting)