Kasdam I/BB Hadiri Peringatan HUT Ke-73 TNI AU di Lanud Soewondo Medan

Teks foto:Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM yang mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, turut menghadiri acara peringatan HUT ke-73 TNI AU Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Nawatunggal, Pangkalan TNI AU (Lanud) Soewondo Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2019).

Infomedan.net~ Medan - Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM yang mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, turut menghadiri acara peringatan HUT ke-73 TNI AU Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Nawatunggal, Pangkalan TNI AU (Lanud) Soewondo Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2019).

Dalam Upacara militer peringatan HUT ini dipimpin oleh Komandan Lanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey sebagai Inspektur Upacara (Irup), dan Komandan Upacara (Danup), Mayor Pas Didik Susanto yang sehari-hari menjabat Wadanyon 469 Paskhas, serta petugas pengucap Sapta Marga, Serda Erwin Shahputra, personil Yonko 469 Paskhas. 

Selain Kasdam I/BB, juga hadir Kapoldasu, Danlantamal I, perwakilan Gubsu, Kajatisu, Kabinda Sumut, Dandim 0201/BS, Kapolrestabes Medan, Danwing 469 Paskhas, para PJU Kosekhanudnas III, serta Lanud Soewondo maupun ibu-ibu PIA Ardya Garini dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, di hadapan seluruh prajurit TNI AU Medan, PNS dan Pramuka Saka Dirgantara, Danlanud Soewondo yang membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan,

peringatan HUT ke-73 tahun 2019 yang digelar serentak di seluruh Indonesia, dilaksanakan secara sederhana dengan konsep pesta rakyat. "Yakni sebagai manifestasi kemanunggalan TNI AU dengan rakyat yang melambangkan TNI AU lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat serta hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat," kata Kasau.

Kasau menjelaskan, kesederhanaan peringatan HUT tahun ini ditandai dengan beberapa rangkaian kegiatan yang seluruhnya berorientasi kepada rakyat. Di antaranya bakti sosial, donor darah, anjangansana, maupun tidak menggelar fly pass pesawat pada puncak peringatan HUT.

Pada bagian lain amanatnya, Kasau mengajak seluruh prajurit TNI AU di manapun berada untuk bisa mendedikasikan tenaga dan pikiran demi kemajuan bangsa, negara dan TNI AU.

"Jangan menunggu untuk menjadi sosok yang hebat atau memiliki jabatan tinggi demi mewujudkan jati diri sebagai prajurit TNI AU yang hebat. Teruslah berbuat yang terbaik untuk Ibu Pertiwi, rakyat dan TNI AU," imbau Kasau.

terkait perhelatan Pemilu 2019, Kasau mengimbau seluruh prajurit dan PNS TNI AU agar dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik diinternal TNI AU, maupun kepada matra lainnya, termasuk kepada Polri dan aparatur pemerintahan.

"Seluruh personil TNI AU harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu 2019.Terus tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperilaku di masyarakat. Jangan mudah terprovokasi atau melakukan tindakan yang mencoreng nama baik TNI AU dan satuan," tegas Kasau. 

Peringatan HUT ke-73 TNI AU di Lanud Soewondo Medan ini diisi dengan panggung hiburan rakyat, pengumuman pemenang lomba fotograpi Bulan Dirgantara 2019 di Lanud Soewondo Medan, serta pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh Danlanud didampingi istri.

(Sumber: Pendam I/BB & zani Ginting)