DANREM 032/WIRABRAJA PIMPIN PENANAMAN AKAR WANGI SEPANJANG TEBING JALAN PADANG-SOLOK UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LONGSOR

Teks foto:Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,S.I.P beserta rombongan pimpin langsung pelaksanaan penanaman tumbuhan akar wangi (Vetiver) pada 11 titik longsor di Sitinjau Lauik sepanjang jalur lalu lintas Padang-Solok  Sumatera Barat pada Sabtu(6/4/2019)


Infomedan.net~ Korem ~Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,S.I.P beserta rombongan pimpin langsung pelaksanaan penanaman tumbuhan akar wangi (Vetiver) pada 11 titik longsor di Sitinjau Lauik sepanjang jalur lalu lintas Padang-Solok  Sumatera Barat pada Sabtu(6/4/2019)

Penanaman (Vetiver Sistem) ini dilakukan atas inisiatif dari Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,S.I.P untuk sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Korem 032/Wbr untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi.

Vetiver Sistem adalah penerapan bioteknologi rumput Vetiver atau yang kita kenal sebagai tumbuhan akar wangi (Chrysopogon Zizaniodes) pertama kali dikembangkan oleh Bank Dunia untuk konservasi tanah dan air di India pada pertengahan tahun 1980, yang mana manfaatnya antara lain dapat mencegah terjadinya longsor,banjir,erosi,sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah dan masih banyak lagi manfaatnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan peninjauan lokasi penanaman dan pembuatan lobang yang dilakukan oleh anggota Koramil 04/Lubeg Kodim 0312/Padang yang langsung dipimpin oleh Danramil 04/Lubeg Mayor Inf Asrul Sani.

Menurut Komandan Kodim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha Tumbuhan Akar wangi adalah sejenis rumput akar tebal  dan sangat kuat yang mampu melakukan penetrasi pada lapisan tanah sepanjang 6 meter, Jika ditanam pada satu deretan akan mampu membentuk tanaman pagar yang dapat memperlambat penyebaran limpahan air, mengurangi erosi tanah serta dapat mempertahankan kelembapan tanah, tanaman akar wangi ini akan ditanam dengan menggunakan BIOS-44 sebagai Dekomposer untuk kesuburan tanah, demikian disampaikan oleh Komandan Kodim 0312/Padang.

“Kita harapkan dengan penanaman tumbuhan akar wangi ini akan dapat mengurangi bencana alam seperti longsor yang sering terjadi di sepanjang jalur lalu lintas Sitinjau Lauik  Sumatera Barat, sehingga jalan lintas Sumatera penghubung Kota Padang, Solok-Jambi tidak lagi terjebak macet kenderaan akibat Longsor”. Kata Dandim 0312/Padang.

Dalam aksi penanaman ini dari PPLP Muaro Padang juga terlihat  turut serta. Kepala PPLP Muaro Padang, Bagas Dwi,Amd, I.P, SH, MM  membawa puluhan warga binaan Lapas Muaro Padang untuk berpartisipasi ikut menanam tanaman serai wangi disepanjang ruas jalan Padang-Solok.

Lapas Muaro Padang mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Korem 032/Wbr dalam aksi mitigasi bencana tanah longsor.
   
"Suatu kehormatan dan penghargaan yang sangat luar biasa bagi warga binaan kami karena dipercaya ikut dalam aksi mitigasi bencana tanah longsor dengan melakukan penanaman tanaman serai wangi."

"Ini bukti kami juga peduli dalam melakukan aksi peduli bencana bersama Korem 032/Wbr dan pihak lain guna mencegah tanah longsor,"disampaikan oleh Bagas Dwi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kasrem Kolonel Inf Edi Nurhabad, Para Kasi Korem, Dandim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha, Nissan Terrano Club (NTC) Sumatera Barat, Anggota Trabas Adventure Kota Padang, Graside Station, BPBD Kota Padang, Kapolsek serta Camat Setempat.

(Sumber :Korem 032/Wbr & zani Ginting)