Pangdam I/BB Buka Apel Dansat Kodam I/Bukit Barisan TA 2019

Teks foto:Pangdam I/BB dalam upacara pembukaan Apel Dansat Kodam I/Bukit Barisan TA 2019 di Lapangan Resimen Induk Kodam (Rindam) I/BB, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (5/3/2019). 


Infomedan.net ~Pematangsiantar - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah memotivasi para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam I/Bukit Barisan untuk lebih mengoptimalkan dan pembinaan satuan di wilayah masing-masing guna membentuk karakter keprajuritan TNI AD harus kuat dalam diri kita sendiri dan para prajurit Kodam I/Bukit Barisan.

Hal ini langsung disampaikan Pangdam I/BB dalam upacara pembukaan Apel Dansat Kodam I/Bukit Barisan TA 2019 di Lapangan Resimen Induk Kodam (Rindam) I/BB, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (5/3/2019).


Pangdam I/BB juga berharap,dalam Apel Dansat dan seluruh rangkaian kegiatannya ini supaya hendaknya kita bisa dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru bagi para Komandan Satuan guna meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas ke depan.

"Sebagaimana kita ketahui, Apel Komandan Satuan Kodam I/Bukit Barisan TA 2019 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi para Komandan Satuan tentang Pokok-Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD. Selanjutnya dalam kebijakan tersebut harus dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap dalam operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan," sebut Pangdam.


Di samping itu, sambung Pangdam I/BB Mayjen Fadhilah, juga meyampaikan Apel Komandan Satuan ini juga merupakan salah satu wahana untuk membahas berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan para perwira, yang dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang, sekaligus merupakan forum evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan para Komandan Satuan pada tahun anggaran 2018 yang lalu.

Diterangkan Mayjen Fadhilah, hasil evaluasi umum untuk menunjukkan masih adanya sasaran program yang belum tercapai secara maksimal,serta masih tingginya angka pelanggaran yang dilakukan oleh oknum prajurit. 

"Perlu disadari, bahwa tingkat pelanggaran anggota merupakan salah satu tolok ukur yang dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan kepemimpinan yang diterapkan oleh para Dansat. Namun demikian, kita juga patut berbangga karena beberapa prestasi telah ditunjukkan oleh prajurit Kodam I/Bukit Barisan di tingkat nasional, khususnya di bidang olah raga umum," ungkap Pangdam Mayjen Fadhilah. 

Tidak tercapainya hal-hal di atas, merupakan indikator belum tertanamnya karakter keprajuritan secara kuat dalam diri para prajurit Kodam I/Bukit Barisan. Dengan kata lain, program pembinaan satuan yang dilaksanakan oleh para unsur pimpinan hingga saat ini belum mencapai hasil yang optimal untuk mewujudkan satuan yang siap operasional. 

"Oleh karenanya, untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, para Dansat dituntut melakukan upaya nyata, yaitu dengan meningkatkan kualitas dalam kepemimpinannya dalam melaksanakan pembinaan satuan yang lebih efektif terhadap para prajurit dan keluarganya," tegas alumni Akmil Lembah Tidar Tahun 1988 ini. 

Di kesempatan yang sama sebelum mengakhiri sambutan, Mayjen Fadhilah juga menyampaikan beberapa atensi kepada para peserta Apel Dansat untuk dijadikan pedoman. Yakni:

Pertama, laksanakan kegiatan ini dengan penuh dan semangat dan kesungguhan serta rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat bagi Satuan dan Kodam I/Bukit Barisan.

Kedua, manfaatkan momen Apel Dansat ini untuk saling bertukar pikiran dan informasi, agar dapat terjalin silaturahmi yang baik guna terwujudnya soliditas yang akan menjadi teladan bagi prajurit kita di lapangan.

Ketiga, perhatikan faktor pengamanan selama dan sesudah pelaksanaan kegiatan Apel Dansat ini.  

"Dalam berbagai kegiatan, saya berharap para Komandan Satuan agar membangun komunikasi yang harmonis dan humanis dengan segenap komponen masyarakat, sehingga dapat terjalin silaturahmi yang baik guna terwujudnya soliditas dan sinergitas dalam upaya menciptakan situasi keamanan yang kondusif di wilayah masing-masing," pungkas Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah. 

Setelah kegiatan pembukaan Apel Dansat Pangdam I/BB juga menyaksikan demo penanganan bencana alam oleh Peleton PRCPB Kodam I/BB dilapangan Hitam Rindam I/BB

Apel Dansat Kodam I/BB TA 2019 ini turut dihadiri Irdam I/BB, Danrem 022/Pantai Timur, Danrindam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, Danbrigif 7/Rimba Raya, dan para Kabalakdam I/BB. 

(Sumber: Pendam I/BB & zani ginting)