Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin Resmi TutupTMMD Ke-104 Di Batubara

Teks foto:Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin secara resmi tutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 Tahun 2019 di wilayah Kodam I/Bukit Barisan bertempat di Lapangan Bola Kaki Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Rabu (27/3/2019)


Infomedan.net~ Batubara – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 Tahun 2019 di wilayah Kodam I/Bukit Barisan, Rabu (27/3/2019), secara resmi ditutup oleh Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah yang diwakili Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, bertempat di Lapangan Bola Kaki Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Sebelum membacakan amanat tertulis Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggung jawab operasional TMMD, Kasdam Brigjen TNI Hassanudin menegaskan,bahwa TMMD bukan semata-mata untuk membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, atau dalam membangun semangat dan kepercayaan diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

"Tetapi program TMMD juga bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan serta memantapkan kerukunan antarumat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi," jelasnya.

Dalam amanat Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan oleh Kasdam I/BB adalah TMMD yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini, dan dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/ kota di seluruh Nusantara,  adalah untuk wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya,dan untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Hal ini sesuai dengan tema TMMD ke-104, yaitu “Melalui TMMD, Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”.

Kasad juga dalam amanatnya menjelaskan bahwa dalam upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-104. "Sejalan dengan tema TMMD kali ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itulah, selama TMMD ini, para Prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan," ucap Kasad.

Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Semua sasaran dan pekerjaan yang telah menjadi sasaran kegiatan TMMD ke 104 telah selesai dilaksanakan Dengan tepat waktu.

Adapun program TMMD ke-104 di wilayah Kodam I/BB, digelar di enam wilayah pada empat provinsi. Yakni, di Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan di wilayah Kodim 0208/Asahan di Desa Mekar Baru dan Desa Sido Mulyo, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, dan wilayah Kodim 0213/Nias di Desa Tagaule dan Desa Balale Toba’e, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.

Kemudian di Provinsi Riau, dilaksanakan di wilayah Kodim 0302/Indragiri Hulu (Inhu) di Desa Siberobah Teborau Panjang seberang Gunung, dan Desa Teluk Beringin, Kecamatan Gunung Toar, Kabupatan Kuantan Singingi. Lalu di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di wilayah Kodim 0316/Batam di Desa Sembulang dan Desa Rempang Cate, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Dan terakhir di Provinsi Sumatera Barat di wilayah Kodim 0308/Pariaman di Desa Nagari Guguk Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Pariaman, dan wilayah Kodim 0319/Mentawai di Desa Bukit Pamewa Sp 3, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Mentawai.

(Sumber: Pendam I/BB & zani Ginting)