Dalam Bulan Dirgantara 2019.7 Jupiter Mendarat Di Lanud Soewondo.

Teks foto:Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey lagi di wawancarai oleh wartawan Kamis(21/3/2019)


Infomedan.net~ pesawat KT-1 Wong Bee melakukan atraksi yang sangat memukau ribuan penonton yang tampak antusias menyaksikan momen yang langka yang sangat di tunggu-tunggu kehadirannya di manapun. Mulai dari pelajar Paud, SD, SMP, SMA serta mahasiswa Tampak hadir untuk melihat dan memadati Selter dan Hanggar Lanud Soewondo.

Ada banyak formasi dan manuver yang dilakukan tim JAT dalam setiap air show yang mereka pertontonkan.

Diantaranya adalah Jupiter Roll, Arrow Head, Cross Over Break, Twin Half Cuban Stall turn dan ada juga Tanggo to Diamond, Miror Screw Roll, Hearts Roll, Slide, Solo Spin, Five Cards Loop, Leader Benefit Roll Back serta Dive Bomb Burst.

Jupiter Cross Over Break adalah merupakan manuver pertama dalam setiap penampilan JAT. Dari 6 pesawat , 4 diantaranya maju kedepan, lalu dua paling ujung membelok, satu kearah kiri dan satu kelamaan secara silang.

Jupiter Roll adalah manuver secara bergulung-gulung sedangkan Screw Tool adalah manuver bergulung yang arahnya tak beraturan namun walaupun begitu aspek teknis sudah sangat di perhitungkan.

Arrow Head adalah manuver berbentuk anak panah, untuk manuver ini biasanya leader tim JAT biasanya berada di bagian depan.

Lalu ada formasi Loops yang mana posisi pesawat terbalik dan Arrow Head Loops dimana posisi pesawat yang jungkir balik dari posisinya yang tentunya berbahaya dan sangat menegangkan namun karena faktor cuaca dua manuver yang memerlukan skil menerbangkan pesawat tingkat dewa ini tidak dilakukan dalam Atraksi kali ini di Lanud Soewondo.

Pada setiap formasi dan manuver, pesawat Wong Bee milik skadik 102 mengeluarkan asap hingga menambah decak kagum ribuan pasang mata masyarakat yang melihat atraksi ini.


Dalam Kegiatan ini dilakukan dalam rangkai Dengan bulan Dirgantara 2019 dengan diisi dengan atraksi paramotor, aeromodeling, static show persenjataan Paskhas TNI AU, Kosekhanudnas 3 dan kegiatan lomba fotografy dirgantara yang memperebutkan tropi dan penghargaan dari Danlanud Soewondo.

Para pilot Jupiter ini di pimpin oleh Kolonel Pnb Dedy Susanto selaku Wing Comander dan didampingi oleh letkol Pnb Marcelinus, kapten Pnb I Gede Ngurah, kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro, Letkol Pnb M.Yunus, Mayor Pnb Idam Satria, Mayor Pnb Dolly Johan, Mayor Pnb Iwan Setiawan, Mayor Pnb Dika Mahendra, Mayor Pnb Nugroho Widodo dan Kapten Pnb Reza Prasetyo serta kapten Andi Paulus.

Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey ketika diwawancarai wartawan menggatakan di sela atraksi yang didampingi oleh Kolonel Pnb Dedy Susanto menjelaskan bahwa Tim JAT ini datang ke Lanud Soewondo dalam rangka bulan dirgantara Indonesia tahun 2019.

” Tim Jupiter ini tiba di Soewondo dalam rangka bulan dirgantara dan untuk menimbulkan rasa cinta masyarakat, pelajar serta generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai Dirgantara,” ucap Danlanud.

Katanya lagi, selain itu ini merupakan wujud dari pembinaan potensi dirgantara (Binpotdirga) guna mengenalkan TNI AU kepada masyarakat serta menarik minat bagi para generasi muda tentang Dirgantara.

Selanjutnya para pengunjung secara bergantian malakukan berfoto dengan Danlanud dan para pilot pesawat JAT dengan berlatarkan pesawat-pesawat JAT.(**/zani)