Pangdam I/BB memberikan Arahan kepada Para Dansatgas TMMD Ke-104 TA 2019

Teks foto:Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah langsung memberikan arahan dan bimbigan kepada sejumlah penekanan para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas)dalam pelaksana program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun Anggaran 2019 di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan, Selasa (19/2/2019).


Infomedan.net ~ Medan - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah langsung memberikan arahan dan bimbigan kepada sejumlah penekanan para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas)dalam pelaksana program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun Anggaran 2019 di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan, Selasa (19/2/2019).

Dalam Pertemuan yang digelar di Lantai V Aula Manunggal, Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan dengan diawali dengan paparan para Dandim sebagai Dansatgas TMMD ke-104 TA 2019. Untuk wilayah Kodam I/BB, TMMD ke-104 TA 2019 yang dilangsungkan dari 26 Februari-27 Maret ini, dilaksanakan di lima daerah. Yakni Kodim 0208/Asahan, Kodim 0213/Nias, Kodim 0308/Pariaman, Kodim 0316/Batam, dan Kodim 0319/Mentawai.

Usai menerima paparan para Dandim,di lanjutkan dengan arahan Pangdam I/BB yakni supaya kepada para prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-104 TA 2019 untuk tetap menjaga staminah dan menghormati adat istiadat serta kearifan lokal yang ada di wilayah tugas masing masing, dan sehingga kehadiran Satgas TMMD bisa diterima masyarakat setempat.

Dalam keterangan Pangdam I/BB,menggatakan dalam kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rakernis TMMD yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu.dalam Kegiatan paparan ini diharapkan dapat mensinergikan berbagai program pemerintah daerah yang bisa dipadukan dalam kegiatan TMMD,dan sehingga nantinya dapat diimplementasikan secara konkrit di lapangan.

"Oleh karena itu, peran serta seluruh instansi terkait, stake holder dan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memperbesar keberhasilan TMMD ini," ucap Pangdam I/BB

Di kesempatan itu, Pangdam I/BB juga menginstruksikan kepada seluruh para Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-104 untuk segera mensosialisasikan program TMMD ini di wilayah masing-masing. "Adakan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat bersama stake holder terkait tentang kegiatan fisik maupun non fisik di daerah sasaran TMMD, sehingga hasilnya lebih optimal," tegasnya.

Untuk Keberhasilan pelaksanaan TMMD tentunya tidak terlepas dari dukungan anggaran yang telah dialokasikan oleh masing-masing pemerintah daerah. Oleh karena itu, diharapkan supaya dukungan anggaran dapat direalisasikan sebelum pelaksanaan TMMD," imbuh Pangdam I/BB. 

Pangdam I/BB juga menguraikan, TMMD adalah merupakan salah satu program kemanunggalan TNI-Rakyat. Oleh karenanya, peran serta dan partisipasi masyarakat mutlak sangkat diperlukan, baik pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik.

Di akhir sambutannya, Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah mengucapkan bayang terima kasih kepada para pimpinan pemerintah daerah kabupaten dan dinas terkait atas kerja sama yang diwujudkan dalam kegiatan TMMD ini,dan sehingga diharapkan penyelenggaraan TMMD ke-104 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,bisa terlaksana dengan sukses, lancar dan aman.

Dalam kegiatan tersebut di hadirin oleh Kasdam, para Danrem, Irdam, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Asrendam dan para Asisten Kasdam serta para Kabalakdam I/BB, para kepala BPMPD Provinsi, para Kepala Bappeda Provinsi dan para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, para bupati dan walikota, para Ketua DPRD kabupaten/kota, serta para kepala BPMPD dan Kepala Kemenag kabupaten/kota yang hadir atau yang mewakili.

(Sumber: Pendam I/BB & zani Ginting)