Ziarah ke TMPN Kalibata, Penghargaan Dan Pewarisan Nilai Perjuangan Bangsa

Teks foto:Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya usai memimpin acara tabur buga di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta, Jumat (11/1/2019).


INFOMEDAN NET ~JAKARTA - Ziarah dan tabur bunga kepada para pahlawan yang telah gugur merupakan momen penghargaan jasa para pahlawan dan sekaligus pewarisan nilai luhur perjuangan para Kusuma Bangsa.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya usai memimpin acara tabur buga di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke -68, seluruh Satuan Penerangan  Angkatan Darat melaksanakan acara ziarah dan tabur bunga di TMP di wilayah masing-masing.

Demikian halnya dengan Dispenad dan satuan penerangan di wilayah Jakarta secara terpusat melaksanakannya di TMPN Kalibata.

Dalam berbagai rangkaian  acara dalam  peringatan kita harus laksanakan dengan sederhana. dengan Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pun lebih mengarah untuk penguatan soliditas internal dan membangun kebersamaan. Termasuk dengan mitra kita, yaitu wartawan dan media," ungkap Brigjen TNI Candra Wijaya.

Dijelaskannya juga bahwa rangkaian kegiatan HUT Penerangan Angkatan Darat ini, telah dimulai sejak hari Senin (6/1/2019) dan karena bertepatan dengan hari libur (Minggu, 13/1/2019) maka acara syukuran peringatan  akan dilaksanakan secara serentak pada hari Senin (14/1/2018).

Dalam acara ziarah dan tabur bunga tersebut, juga diikuti oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ranting-2 Dispenad Cabang 1 PG Mabesad Nyonya  Fenty Candra Wijaya yang didampingi pengurus Ranting 2 Dispenad serta Ketua Persit KCK dan pengurusnya dari Pendam Jaya, Penkopassus, Penkostrad dan Penpuspomad.

" Ziarah rombongan dan tabur bunga dilaksanakan untuk  mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi rakyat dan bangsa Indonesia," ujar Candra.

" Acara ini jug sekaligus untuk menanamkan dan melestarikan nilai-nilai dan semangat perjuangan para Pahlawan kepada kita sebagai generasi penerus," tegasnya.

Ditengah perkembangan situasi global yang semakin komplek dan penuh tantangan, dalam hal tersebut menurutnya penting untuk dilakukan.

"Ini memiliki nilai dan arti penting, karena dalam diri kita harus memiliki visi dan semangat perjuangan serta kebulatan tekad untuk bersama-sama memgabdi dan membangun bangsa dan negara dan sebagaimana dilakukan para pahlawan dahulu, “ ungkap Kadispenad.

Usai melangsanakan ziarah di TMPN Kalibata, para rombongan langsung melaksanakan anjangsana ke personel Dispenad yang tengah menjalani perawatan  di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, yaitu Serda (K) Riska yang menderita tumor otak.

Terpisah, Selaku Ketua Panitia HUT , Kepala Sub Dinas Penerangan Media Cetak Dispenad (Kasubdispebmedtak Dispenad) Letkol Inf Paiman menjelaskan bahwa selain acara ziarah ke makam dan anjangsana, juga telah dilaksanakan kegiatan olah raga bersama dengan wartawan serta bersama dengan PMI Jakarta dan  menyelenggarakan kegiatan aksi donor darah.

"Sebagiamana ditekankan Kadispenad, acara hut ini dilaksanakan secara sederhana dan wahana untuk membangun kebersamaan dan kepedulian salah satunya yaitu dalam acara donor darah kemarin,  kita berhasil mengumpulkan 93 Kantong Darah untuk PMI," tandasnya. (Dispenad).